KARANGPLOSO – Lonjakan harga sejumlah bahan pokok mulai merembet pada komiditi lain. Daging ayam misalnya. Dari yang semula stabil diharga Rp 25 ribu per kilogram, lonjakannya hingga Rp 4 ribu. Yakni berkisar di angka Rp 27 ribu- Rp 29 ribu per kilogram.

Yusron Arbiyansah, 24, salah satu pedagang daging ayam di Pasar Karangploso mengatakan, kondisi itu terjadi sejak sepekan terakhir ini.

Dan dari pengalamannya, diperkirakan harga ayam akan terus naik sampai menjelang bulan Ramadan nanti. ”Puncaknya saat menjelang Idul Fitri. Bisa-bisa mencapai Rp 35 ribu-Rp 40 ribu perkilogramnya,” terangnya.

Lebih lanjut, kenaikan harga tersebut terjadi karena permintaan yang cukup banyak. Sedangkan suplai daging ayam tidak berubah alias tetap. ”Sehari rata-rata bisa menjual 150 ekor ayam,” kata Yusron. ”Sebelumnya kurang lebih 100 ekor ayam saja,” tambah dia.

Yusron pun berharap, kenaikan harga ayam ini tidak mengalami kenaikan terlalu tinggi. Dia khawatir pembeli akan sepi. ”Kalau haranya terus naik, pelanggannya pasti menurun,” tandasnya.

Pewarta: Aris Dwi
Penyunting: Neny Fitrin
Foto: Falahi Mubarok